Guru Profesional
Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses
penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik.
Tetapi tampaknya pendapat ini harus jauh-jauh ditinggalkan, karena sudah tidak
sesuai dengan perkembangan jaman. Kini mengajar harus kita maknai sebagai
sebuah kegiatan yang komplek, yaitu penggunaan secara integratif sejumlah keterampilan
untuk menyampaikan ilmu. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang
dimaksud di sini harus dilandasi dengan seperangkat teori dan diarahkan oleh
suatu pengetahuan/wawasan. Sedangkan penearapannya akan menjadi unik bila
dipengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar. Komponen yang dimaksud adalah
tujuan yang hendak digapai, ilmu yang ingin disampaikan, seubjek didik,
fasilitas dan lingkungan belajar, dan yang tidak kalah penting adalah
keterampilan, kebiasaan dan wawasan guru tentang dunia pendidikan dan misinya
sebagai pendidik.
Jika mengajar dipahami sebagai kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa, maka mengajar itu sendiri hanya akan terbatas pada penyampaian ilmu itu saja. Guru di pihak pertama menyampaiakan ilmu dan siswa di pihak kedua akan menerima secara pasif. Prosesnya pun bisa diketahui, pembelajaran akan berjalan secara membosankan. Karena yang mendominasi pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa hanya sebagai penerima.
Namun, apabila mengajar dimaknai sebagai segala upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan proses belajara pada siswa dan mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka jelas bahwa yang menjadi sasaran akhir dari proses pengajaran itu ialah siswa belajar. Artinya dalam hal ini segala upaya apapun dapat dilakukan selagi bisa dipertanggungjawabkan, dan bisa menghantarkan siswa menuju pencapaian tujuan belajar yang telah dicanangkan, artinya siswa belajar secara aktif, dan yang mendominasi dikelas adalah siswa.
Jika mengajar dipahami sebagai kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa, maka mengajar itu sendiri hanya akan terbatas pada penyampaian ilmu itu saja. Guru di pihak pertama menyampaiakan ilmu dan siswa di pihak kedua akan menerima secara pasif. Prosesnya pun bisa diketahui, pembelajaran akan berjalan secara membosankan. Karena yang mendominasi pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa hanya sebagai penerima.
Namun, apabila mengajar dimaknai sebagai segala upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan proses belajara pada siswa dan mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka jelas bahwa yang menjadi sasaran akhir dari proses pengajaran itu ialah siswa belajar. Artinya dalam hal ini segala upaya apapun dapat dilakukan selagi bisa dipertanggungjawabkan, dan bisa menghantarkan siswa menuju pencapaian tujuan belajar yang telah dicanangkan, artinya siswa belajar secara aktif, dan yang mendominasi dikelas adalah siswa.
Menurut pendapat saya, hakekat menjajar itu merupakan usaha guru
menciptakan dan mendesain proses belajar pada siswa. Jadi yang terpenting dalam
belajar mengajar itu bukanlah bahan yang disampaikan oleh guru, akan tetapi
proses siswa dalam mempelajari bahan tersebut (guru lebih menghargai proses
dari pada hasil). Sekali lagi peranan yang menonjol dalam belajar mengajar ada
pada siswa, ini bukan berarti bahwa peranan guru tersisihkan, hanya diubah
saja.
Jadi, guru yang profesional adalah guru yang dapat melakukan tugas mengajarnya dengan baik melalui keterampilan-keterampilan khusus agar tercipta sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan meyenangkan.
Jadi, guru yang profesional adalah guru yang dapat melakukan tugas mengajarnya dengan baik melalui keterampilan-keterampilan khusus agar tercipta sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan meyenangkan.
Sumber: www.teralite.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar